Rabu, 23 April 2014

Mengenali Kami "Perempuan Indonesia"

Dalam dunia ini kita mengenal keseimbangan

Positif dan negatif
Panas dan dingin
Sedih dan Bahagia
Baik dan Buruk
Serta masih banyak hal lagi

Keseimbangan mengajarkan kita adanya prinsip saling melengkapi. Keseimbangan menandakan bahwa segala sesuatu tidak akan berjalan pada satu keadaan yang dominan. Begitu juga disaat penciptaan manusia , Tuhan tidak hanya menciptakan satu jenis kelamin yang dominan. Tuhan menciptakan sepasasang laki-laki dan perempuan.

Hal mutlak bahwa laki-laki dan perempuan memang diciptakan secara berbeda. Laki-laki diciptakan dengan fisik, sifat, dan karakter istimewa yang tidak dimiliki perempuan. Begitu juga sebaliknya, perempuan diciptakan dengan fisik, sifat karakter istimewa yang tidak dimiliki laki-laki. Namun, Tuhan tidak menciptakan laki-laki dan perempuan secara timpang dari segi kualitasnya. Dalam hal ini, tidak ada istilah siapa mengungguli siapa. Sehingga siapapun itu baik laki-laki atau perempuan mempunyai kesempatan yang sama untuk mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik.

Beberapa waktu lalu saya sempat menanyakan pendapat mengenai perempuan Indonesia kepada teman-teman saya.

Menurut mereka, perempuan Indonesia jaman sekarang itu.....

Mandiri
"Apa kata....." atau "Saya terserah....."
Kutipan kata-kata seperti di atas seolah menggambarkan bahwa kita menyerahkan atau menggantungkan keputusan kepada orang lain. Perempuan akrab dengan sosok yang penurut. Mengungkapkan pendapat yang sifatnya berisi penolakan merupakan hal yang tabu. Sehingga seringkali mereka hanya pasrah dan menerima keputusan yang dibuat orang lain.
Namun seiring perkembangan jaman dan emansipasi didengungkan dimana-mana, sedikit demi sedikit para perempuan mau membuka pikirannya. Perempuan sedikit demi sedikit mau untuk menyuarakan pendapatnya dengan cara tawar-menawar yang baik. Selain itu perempuan saat ini juga lebih mampu untuk menentukan sikap dan  keputusan yang terbaik untuk diri sendiri maupun orang lain. Mandiri dalam berpikir dibutuhkan perempuan agar hak mereka tidak diambil oleh orang lain.

Mempunyai Kesempatan Berkembang
Semua manusia baik laki-laki atau perempuan mempunyai potensi dalam diri mereka. Potensi inilah yang perlu dikenali lalu dikembangkan sehingga akan membawa manfaat. Pemikiran lama, menganggap perempuan manusia yang lemah, tidak pantas didudukkan di deretan terdepan, serta dianggap tidak bisa dan tidak mampu. Anggapan seperti ini pada akhirnya mengubur potensi pada perempuan. Mereka tidak mempunyai kesempatan untuk berkembang karena mereka selalu dinomorduakan dan tidak ada wadah untuk mengembangkan potensi mereka.
Saat ini, perempuan memiliki kebebasan untuk mengembangkan potensi mereka. Kita bisa melihat dalam bidang apapun tentu tidak lepas dari sentuhan perempuan. Mereka memiliki banyak wadah untuk menampung dan mengembangkan potensinya. Saat ini peran wanita mulai dihargai oleh masyarakat. Sedikit demi sedikit mereka mengambil hati masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya perempuan bisa dan mampu.

Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata
Sebut saja Tri Rismaharini, Megawati Soekarno Putri, Alexandra Asmasoebroto, Dian Pelangi dan perempuan-perempuan Indonesia masa kini yang berjasa lainnya. Kita tidak bisa menutup mata dan mengesampingkan peran-peran mereka di ranah publik. Mereka sosok-sosok yang tidak hanya memberi sumbangsih sekedarnya saja pada bidang-bidang yang mereka pilih. Totalitas yang mereka berikan membuat masyarakat terkagum-kagum. Telah dibahas sebelumnya, perempuan mempunyai keunggulan yang sama dengan laki-laki. Jika keunggulan itu mereka sadari dan terus-menerus diasah tentu semakin banyak perempuan yang mempunyai nama di hati masyarakat. Namun keberhasilan perempuan tidak hanya diukur dari keberhasilannya di ranah publik. Keberhasilan mereka merawat dan menciptakan keluarga yang bahagia juga merupakan hal yang penting. Sehingga, tidak sepatutnya kita menomorduakan urusan keluarga.

Seberapa pentingkah peran perempuan Indonesia bagi pembangunan bangsa, menurut mereka

Jika dapat menilai pentingnya peran perempuan indonesia bagi pembangunan bangsa, maka mereka memberikan nilai delapan. Mungkin pembaca pernah membaca kutipan kalimat dari Ir. Soekarno di bawah ini

" Laki-laki dan perempuan adalah seperti dua sayap dari seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai puncak yang setinggi-tingginya. Jika patah satu dari dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali."

Tujuan Bangsa Indonesia terdapat pada alinea keempat Undang-undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia. Jika kita misalkan tujuan Bangsa Indonesia merupakan sebuah puncak yang harus dituju oleh seekor burung, maka kita tidak bisa hanya menggunakan satu sisi sayap saja. Kita membutuhkan dua sisi sayap yang sama kuat, tidak timpang sebelah. Dua sisi sayap itu diibaratkan sebagai sepasang kaum perempuan dan laki-laki. Maka dari itu, kita tidak bisa egois hanya melibatkan satu pihak saja. Angapan bahwa hanya dengan melibatkan laki-laki saja semua urusan akan berjalan lancar itu tidak benar. Tentu harus ada sosok perempuan yang terlibat. Contoh kecil saja, jika negara kita ibaratkan sebuah keluarga. Jika dalam sebuah keluarga kita kehilangan sosok seorang ibu maka seorang ayah akan disibukan dengan segala sesuatu urusan rumah dan pekerjaannya. Maka dari itu peran seorang perempuan sangat dibutuhkan. 

Siapa saja sosok perempuan-perempuan Indonesia masa kini itu

Tri Risma Harini
Wajah baru Kota Surabaya tidak lepas dari sosok Tri Rismaherawati atau panggilan akrabnya Ibu Risma. Dia merupakan walikota wanita pertama Kota Surabaya. Beberepa penghargaan kini diraih kota Surabaya dan yang terbaru adalah sebuah penghargaan Internasional Socrates Award kategori Europe Business Award. Totalitas dan sikap yang merakyat mengantarkannya menjadi salah satu nominasi World Mayor Prize yang digelar oleh The City Mayors Foundation tahun 2012.

Dian Pelangi
Muda, cantik, dan sukses merupakan gambaran dari sosok Dian Pelangi. Dia mempunyai pengaruh cukup besar di dunia fashion para wanita terutama bagi para muslimah. Baju rancangannya yang unik kini sudah terkenal di dunia Internasional. Bahkan dia telah membuka cabang butiknya di Malaysia. Hal tersebut merupakan prestasi yang cukup membanggakan di dunia bisnis fashion, karena mengingat usianya yang cukup muda yakni 23 tahun.

Alexandra Asmasoebrata
Tidak banyak perempuan Indonesia yang tertarik di dunia otomotif terutama dunia balap formula. Namun, tidak bagi Alexandra Asmasoebrata. Dia adalah seorang pembalap perempuan di pembalap formula. Kini dia banyak memperoleh penghargaan seperti 1st champion National Kart Championshi pada tahun 2002 dan 2005, 1st China Formula Campus Asian Division 2005, bahkan 13th World Championship Junior rotax max 2005.

Ibu
Kita tidak bisa memandang rendah sosok seorang ibu. Tugas seorang ibu tidak bisa dianggap mudah. Jika kita menjabarkan tugas seorang ibu tentu sangat banyak, mulai dari mengasuk anak, melayani suami, merawat rumah, memasak, dan masih banyak tugas lainnya. Apalagi jika seorang ibu harus membantu ekonomi keluarga, dapat kita bayangkan bagaimana sibuknya ibu mengatur waktunya. Maka dari itu, ibu di belahan bumi manapun adalah seorang yang hebat.



Maka dari itu sangat disayangkan jika masih ada orang-orang yang melecehkan para perempuan dan menganggap perempuan tidak mampu melakukan hal-hal yang hebat. Laki-laki diciptakan tidak untuk mengungguli perempuan. Begitu juga perempuan diciptakan tidak untuk mengungguli laki-laki. Perempuan dan laki-laki diciptakan untuk saling melengkapi, sehingga tercipta keseimbangan dan kekuatan yang utuh.

79 comments:

deby putra bahrodin mengatakan...

ini nih. hal yang sangat sensitif yang juga harus diperhatikan. Memberikan kebebasan terhadap perempuan boleh. tapi alangkah baiknya itu perempuan yang taat dan berjalan sesuai dengan norma yang berlaku

rizki_ris mengatakan...

terima kasih mas untuk komentarnya
memang seperti itu yg dimaksud. Jadi bebas artiannya mereka mendapatkan hak2 mereka. Mungkin gampang saja spt kl mash jaman sekolah setiap pemilihan ketua kelas yg diajukan dan dijagokan mayoritas laki2. Padhl perempuan jg puny hak untuk mengajukn diri dan dipilih. Perempuan jg punya potensi, tp mrk krg dpt kepercayaan dr teman2 mrk.
Soal norma dan kodrat mmg ttp harus dijaga. Jangan lupa arah. Apalagi yg sdh menikah dan punya anak, harus ingat kodratny sbg ibu dan istri :)

Gulunganpita mengatakan...

Kalau kata dosen saya, jangan terjebak feminisme tak berlandaskan agama..
tulisan keren :)

pondokinfo.com mengatakan...

Semua berawal dari cara orang tua mendidik anak-anaknya, sebaiknya tidak dibedakan antara anak laki2 dan perempuan, mereka diberi kesempatan yg sama untuk menikmati pendidikan, kesehatan dll.
Tanpa kita sadari, kita sering memberikan perlakuan yg berbeda pada anak laki2 & perempuan sehingga ketika dewasa, meskipun ada kesempatan diberikan pada perempuan untuk berprestasi namun dari dalam perempuan itu sendiri tidak punya rasa percaya diri.

Selamat berkarya kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :)

Unknown mengatakan...

kalau menurut saya ibu nomor pertama dan tetap yang utama :D

susu kambing obat asam lambung mengatakan...

kapan-kapan saya mampir lagi ya gan ..
http://goo.gl/RHZYZj

agen susu kambing murah mengatakan...

Asyik ada yang baru di website agan ..
http://goo.gl/yK7qKo

susu kambing untuk tumor mengatakan...

https://goo.gl/5edaoI
ayo bikin artikel yang baru lagi gan biar seru

tips mengatasi ambeien alami mengatakan...

semoga sehat selalu ..
https://goo.gl/JnyOAQ

susu kambing obat vertigo mengatakan...

salam persahabatan yo ..
https://goo.gl/d1TQAK

susu kambing etawa untuk migren mengatakan...

http://goo.gl/0MmlGw
sip banget infonya ..

susu kambing etawa untuk hipertensi mengatakan...

yang kreatif web agan punya ..
http://goo.gl/i0Az9v

susu kambing etawa untuk rematik mengatakan...

terimakasih buat informasi yang bagus
http://goo.gl/iouGj2

cara menurunkan gula darah tinggi mengatakan...

ditunggu kunjungan baliknya yo
https://agensusukambingetawaprovit09.wordpress.com

susu kambing obat alami hipertensi mengatakan...

http://susuetawaobatalamihipertensi.wordpress.com
terimakasih buat informasi yang bagus

susu kambing obat alami hipertensi mengatakan...

http://susuetawaobatalamihipertensi.wordpress.com
terimakasih buat informasi yang bagus

susu kambing etawa untuk stroke mengatakan...

http://goo.gl/DViCXU
ditunggu kunjungan baliknya yo

susu kambing obat untuk bronkitis mengatakan...

http://goo.gl/oKWknI
informasi ini cukup mengedukasi kami selaku masnyarakat awam

susu kambing etawa untuk asma mengatakan...

http://goo.gl/HG338R
Keep on writing, great job!

suus kambing obat untuk asam urat mengatakan...

http://goo.gl/1Lt5Hy
sesudah melihat banyak hal di dunia maya, Baru kali ini kami menemukan sebuah web yang memberikan pandanalgiva baru.

susu kambing etawa murah mengatakan...

http://goo.gl/gb7ZEK
terimakasih banyak kaka admin buat infonya sangat bermanfaat sekali, di tunggu buat info selanjutnya

agen susu kambing provit mengatakan...

http://goo.gl/5n9FSC
siang kaka admin makasih banyak untuk info dan sarannya sangat bermanfaat sekali

cara mengobati asam urat dengan susu mengatakan...

http://goo.gl/B02awb
Wah ulasanannya bermanfaat sekali bagi saya ....Thanks sekali ya telah sharing , Aku tunggu postinalgiva lanjutannya ya ....

tips mengatasi lambung dengan susu mengatakan...

http://goo.gl/BJDFsv
Wah pembahasannya berguna sekali bagi gue ....Terima kasih sekali ya berkenan berbagi , Aku tunggu ulasan terbarunya ya ....

cara menurunkan asam urat tinggi mengatakan...

terimakasih sudah mau berbagi informasi
http://goo.gl/A9ekj6

obat herbal alternatif flu tulang mengatakan...

semoga bahagia selalu ..
http://goo.gl/oxRoyk

cara mengobati sinusitis alami mengatakan...

izin menyimak ..

http://goo.gl/rSySo9

obat jantung alami manjur mengatakan...

selalu semangat buat hari ini ..
http://goo.gl/86EhHv

obat penurun kolesterol jahat mengatakan...

.semoga makin banyak saja ya pengunjungnya ..
http://goo.gl/1Cexw8

obat herbal penyakit uci uci mengatakan...

ditunggu berita selanjutnya ..

http://goo.gl/GtnwUF

obat alternatif maag saat puasa mengatakan...

topik yang sangat luar biasa
http://goo.gl/1Db1wK

pengobatan alzheimer alternatif mengatakan...

amazing dear ..

http://goo.gl/FSBmev

cara menurunkan sgot sgpt tinggi mengatakan...

artikelnya sangat menarik sekali .
http://goo.gl/Dp0pG5

obat herbal tukak lambung anak mengatakan...

semoga hari ini makin berkah saja ..

http://goo.gl/Dn5egu

obat herbal ispa alami mengatakan...

website nya bagus banget ..
http://goo.gl/xLdVpO

obat untuk radang tenggorokan mengatakan...

tak ada bosannya nih mampir ke web agan ..
http://goo.gl/XOVYuX

obat kista miom tanpa operasi mengatakan...

good job ..
http://goo.gl/2K3pqs

obat alternatif amandel tanpa operasi mengatakan...

hoki doki ...
http://goo.gl/epLLrF

obat alternatif insomnia alami mengatakan...

super mantap artikelnya ... ditunggu yang lainnya ..
http://goo.gl/3xNdtg

cara mengobati herpes tanpa bekas mengatakan...

kapan-kapan saya mampir lagi ya gan ..
http://goo.gl/MyoFIf

cara mengobati luka bakar tanpa bekas mengatakan...

Asyik ada yang baru di website agan ..
http://goo.gl/sqsK1j

obat pendarahan lambung alami mengatakan...

ayo bikin artikel yang baru lagi gan biar seru
http://goo.gl/tlrX9d

obat hepatitis alami aman mengatakan...

templatenya oke binggow ...
http://goo.gl/GYpdYR

obat herbal tipes alami mengatakan...

topik yang sangat luar biasa
http://goo.gl/gHg4H5

obat diabetes kolesterol tinggi mengatakan...

artikelnya sangat menarik sekali ..
http://goo.gl/mJMzc

obat alternatif miom tanpa operasi mengatakan...

semoga hari ini makin berkah saja ..
http://goo.gl/VLp1Q

obat herbal epilepsi anak mengatakan...

website nya bagus banget ..
http://goo.gl/6aeCV

obat alternatif rematik alami mengatakan...

tak ada bosannya nih mampir ke web agan ..
http://goo.gl/5M7sjz

cara mengobati penyakit sendi mengatakan...

hoki doki ...
http://goo.gl/uEcWnu

cara mengobati cacar air alami mengatakan...

super mantap artikelnya ... ditunggu yang lainnya ..
http://goo.gl/D4akNs

cara menurunkan kolesterol tinggi mengatakan...

kapan-kapan saya mampir lagi ya gan ..
http://goo.gl/ZB228J

cara mengobati luka sesar alami mengatakan...

kapan-kapan saya mampir lagi ya gan ..
http://goo.gl/c63T7J

obat herbal kanker leher rahim alami mengatakan...

Asyik ada yang baru di website agan ..
http://goo.gl/Xo36SH

obat herbal paru paru basah alami mengatakan...

ayo bikin artikel yang baru lagi gan biar seru
http://goo.gl/6icZvO

obat herbal kanker serviks alternatif alami mengatakan...

salam persahabatan yo ..
http://goo.gl/RTEorD

obat herbal asam urat rematik alami mengatakan...

yang kreatif web agan punya ..

http://goo.gl/F0UMKA

obat herbal jantung koroner alami mengatakan...

ditunggu kunjungan baliknya yo
http://goo.gl/cAqeBP

obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah mengatakan...

pasti betah lah berkunjung ke web agan

http://goo.gl/L7Jud4

obat alternatif kolesterol tinggi alami mengatakan...

lagi nunggu berita terbaru nih ..
http://goo.gl/vi7gpf

obat herbal asam urat alternatif mengatakan...

nice infonya pak

http://goo.gl/vwO1Ut

obat herbal paru paru alternatif mengatakan...

nice sharenya om
http://goo.gl/FZDw5w

obat herbal isk infeksi saluran kencing mengatakan...

terimakasih sudah mau berbagi informasi
http://goo.gl/etF0SJ

obat herbal penyakit liver alami mengatakan...

semangat pagi yo mas
http://bit.ly/1iz4Ejv

obat herbal wasir dan ambeien alami mengatakan...

salam sejahtera
http://goo.gl/EwToLR

obat sakit kepala sebelah mengatakan...

permisi numpang lewat.hehe

http://goo.gl/Ts6lC

obat penurun asma urat tinggi mengatakan...

top abiss nih ...

http://goo.gl/Dr8cfc

obat luka pasca operasi caesar mengatakan...

horas ... tks infonya
http://goo.gl/ojqiKS

obat miom dan kista mengatakan...

jangan lupa kasih cendolnya yaa hihi
http://goo.gl/33Zv0

obat nyeri sendi dan asam urat mengatakan...

Situs Anda selalu memberikan berita yang update, menarik dan Sangat bermanfaat sekali.
http://goo.gl/lKPeO

obat infeksi saluran kemih alami mengatakan...

jangan lupa kasih cendolnya yaa hihi
http://bit.ly/1eNusFs

obat pengobatan maag kronis alami mengatakan...

horas ... tks infonya
http://goo.gl/5JKSrm

obat sakit gula diabetes mengatakan...

template nya simpe tp menarik

http://goo.gl/73k92N

obat komplikasi diabetes mengatakan...

permisi numpang lewat.hehe
http://goo.gl/KtRxM4

obat jantung berdebar mengatakan...

salam sejahtera
http://goo.gl/K8hv3o

obat darah tinggi mengatakan...

semangat pagi yo mas
http://goo.gl/tx29cZ

obat kanker payudara alami mengatakan...

oke lah kalau begitu
http://goo.gl/FzrUF1

obat leukimia mengatakan...

terimakasih sudah mau berbagi informasi
http://goo.gl/Tza0K

Cara Alami Mengobati ISK mengatakan...

Happy Weekend ^^

Jual Vig Power Obat Kuat mengatakan...

Terimakasih untuk informasinya..

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ^^

Template by:
Free Blog Templates