Kamis, 19 Januari 2012

Kami Tetaplah Manusia (ODHA & OHDHA)

Aku berada dalam kegelapan
Hanya satu titik cahaya yang menuntunku
Titik cahaya keabadian



ODHA dan OHDHA
SIAPA MEREKA????
ODHA merupakan singkatan dari Orang Dengan HIV/AIDS dimana orang tersebut telah dinyatakan positif terkena HIV/AIDS. Lalu apa perbedaanya dengan OHDHA. OHDHA merupakan singkatan dari Orang yang Hidup Dengan HIV/AIDS dimana orang tersebut telah dinyatakan positif terkena HIV/AIDS tetapi tetap menjalankan kehidupannya dengan hal- hal positif untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan orang- orang terpengaruh kondisi tersebut seperti keluarga, teman, dan pasangan mereka.

LALU BAGAIMANA SIKAP KITA MENAGGAPI KEBERADAAN MEREKA SOBAT?INGAT KATA- KATA INI??
"Jauhi Virusnya Bukan Orangnya"

Mereka tetaplah sama seperti kita, mereka sama- sama manusia. Jangan sampai status yang mereka bawa, akan mempengaruhi sikap dan cara pandang kita pada mereka. Mereka juga mempunyai mimpi dan berhak untuk meraih mimpi- mimpinya.
Sobat, perlu kita ketahui bahwa ODHA dan OHDHA butuh dukungan dari kita untuk meningkatkan kualitas hidupnya.Mereka seharusnya didekati dan didampingi bukan justru dijauhi dan didiskriminasi
STOP DISKRIMINASI PADA ODHA&OHDHA

Memang untuk menghentikan pandangan miring dan diskriminasi pada ODHA&OHDHA cukup sulit. Perlu adanya pemahaman pada ODHA dan HIV/AIDS itu sendiri.Pendidikan dan pemberian pengetahuan mengenai HIV/AIDS merupakan cara yang cukup efektif, karena semakin bertambah wawasan seseorang mengenai HIV/AIDS maka akan semakin bertambah pula tingkat toleransi dan kepeduliannya pada ODHA/OHDHA.

Beberapa bulan yang lalu memang sempat ada isu mengenai tusuk gigi di beberapa rumah makan yang terinfeksi virus HIV/AIDS. Mungkin itu akan membuat shock bagi beberapa orang dan itu akan menjadi pukulan tersendiri bagi para ODHA dan OHDHA. Tapi yang perlu sobat ketahui, penularan HIV/AIDS tidak semudah itu. Ada empat prinsip penularannya :
1.Exit yaitu virus keluar
2.Survival yaitu virus bertahan hidup
3.Sufficient yaitu dalam jumlah yang cukup
4.Enter yaitu terdapat pintu masuk
Jadi dapat disimpulkan HIV keluar dari tubuh dalam keadaan hidup melalui cairan penderita, dengan jumlah yang cukup dan dalam keadaan yang hidup dapat meginfeksi tubuh lain yang belum terinfeksi.
Jadi untuk masalah tusuk gigi tentu saja virus yang ada di sana tidak dalam keadaan cukup dan bisa diduga bahwa virusnya juga sudah mati terkena udara.

Satu lagi HIV tidak menular melalui :
1. Air mata
2. Air seni
3. Air ludah
4. Keringat
5. Gigitan nyamuk

MARI TINGKATKAN KUALITAS HIDUP ODHA/OHDHA DENGAN STOP DISKRIMINASI!
TERIMA KASIH

6 comments:

GStarCreation mengatakan...

wow.. betul, seharusnya kita memberi semangat kepada ODHA bukannya mengejek

rizki_ris mengatakan...

Empat jempol buat sobaatt d^^b d^^b

o2-fresh mengatakan...

postingan yg menarik..
terimakasih infonya..

rizki_ris mengatakan...

Terima kasih sobattt ^^

PRINT SERVER mengatakan...

waw saya setuju..

sudut mengatakan...

ya Good, bagus lah kita masih harus peduli dengan sesama, mudah2an ODHA juga peduli dengan kita..

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ^^

Template by:
Free Blog Templates