Kamis, 01 Maret 2012

Saat Ilmu Kesehatan Berbicara Ilmu Ekonomi

http://www.wayantulus.com/wp-content/uploads/2011/03/imunisasi-pada-bayi.jpg

Jika kita mendengar ilmu ekonomi, pikiran kita akan tertuju pada konsep permintaan dan penawaran. Sebenarnya ilmu ekonomi tidak hanya melulu mengenai permintaan dan penawaran, namun juga ada yang menyangkut kebijakan jadi ranahnya akan menjadi luas.
Menurut buku yang pernah saya baca ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia menggunakan pilihan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga dapat menghasilkan suatu produk barang dan jasa. Sumber daya yang ada jumlahnya sangat terbatas, sehingga manusia harus pintar dalam memanfaatkannya.

Ilmu kesehatan juga mempelajari ilmu ekonomi
Lalu bagaimana ekonomi jika dipandang dari segi ilmu kesehatan??
Ekonomi kesehatan, merupakan perkawinan dari ilmu ekonomi dengan ilmu kesehatan.
Mengapa ilmu ekonomi juga dipelajari dalam ilmu kesehatan??
Ada dua hal yang mendasari hal tersebut
1. kesehatan tidak terlepas dari permintaan dan penawaran pelayanan kesehatan
2. sumber daya medis yang terbatas baik itu dalam bentuk sumber daya manusia ataupun sumber daya yang lainnya

Tidak jauh berbeda dengan hukum permintaan dan penawaran dalam ilmu ekonomi yang biasa kita pelajari, ekonomi kesehatan juga menggunakan hukum yang sama. Semakin rendah harga suatu produk maka semakin banyak permintaannya begitu juga sebaliknya. Semakin tinggi harga suatu produk maka semakin banyak pula penawarannya.Namun ada sesuatu yang unik dalam ilmu ekonomi dipandang dari segi ilmu kesehatan.

Jika sobat mendatangi suatu pelayanan kesehatan siapakah yang lebih banyak menentukan kebutuhan sobat??
Sobat sendiri atau tenaga medis yang melayani sobat??
Jika sobat merupakan seseorang yang sedikit banyak mengenai dunia kesehatan mungkin intervensi tenaga medis tidak terlalu banyak
Namun apabila sobat tidak mempunyai pandangan mengenai dunia kesehatan, tidak bisa disangkal jika intervensi tenaga medis dalam menentukan kebutuhan pelayanan kesehatan sobat akan sangat besar.

Inilah perlunya sobat menggali informasi mengenai dunia kesehatan, apalagi informasi- informasi kesehatan yang berkaitan dengan riwayat kesehatan sobat. Kenapa??
Hal tersebut untuk menghindari adanya suplier induced (memberikan pelayanan kesehatan yang tidak dibutuhkankan pasien) dan reduced demand (memberikan pelayanan kesehatan kurang dari kebutuhan pasien).Sobat harus benar- benar mengerti dan paham pelayannan kesehatan yang benar- benar tepat dan sesuai untuk kebutuhan sobat.
Semua itu demi kebaikan sobat, supaya sobat benar- benar mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan sobat.

Terima kasih ^^

41 comments:

Rohis Facebook mengatakan...

hmmm... betul juga.., nice share *smile

sweethy mengatakan...

Info yang menarik nih, perpaduan ilmu ekonomi dan kesehatan. Sangat menambah wawasan. Thanks atas share artikelnya.

Blog Keperawatan mengatakan...

Teroma kasih sahabat atas berbagi artikelnya ini.

Pas donk saya juga dalam bidang kesehatan juga

Deby Putra Bahrodin mengatakan...

jadi semakin paham nih mbak saya.. tentang eko dan kes.

makasih infonya mbak...

rizki_ris mengatakan...

@rohis : terima kasih sobat
@sweethy : sama- sama mbak
@blog keperawatan : iyah sobat sangat cocok untuk keilmuan kita
@deby :sama- sama sobat

cerita anak kost mengatakan...

wah ternyata di butuhin juga ya sist. emang luas si ilmu ekonomi, siapa ja butuh. bahkan ane di mesin juga butuh tu, jadi semua ga lepas dari ekonomi.

ngomong ngomong tentang ini sist.
Ada dua hal yang mendasari hal tersebut
1. kesehatan tidak terlepas dari permintaan dan penawaran pelayanan kesehatan.

klo penawarannya banyak, mungkin ga terjadi suatu pengumpulan ato istilahnya tengkulak klo kata orang pertanian. yang bisa mempermainkan harga dri kesehatan? mislanya obat ato pelayanan. seperti kita tau kan kesehatan adalah utama, klo diperminkan. kasian dong yang butuh. gimana sist?

Benny Dwi mengatakan...

ada bingkisan kecil untuk sobat :D
absen siang sob,,

rizaaal mengatakan...

ngomong-ngomong soal ekonomi, di sekolah saya ada jurusan pemasaran dan akuntansi. tapi saya kurang ngerti tentang ilmu ekonomi. haha :D

Susu Segar mengatakan...

hhhmmmmm.... anaknya sapa si nih pinter banget. . . .. jeli meneliti setiap persoalan. . . andaikan aku nanti istrinya kayak gini,wah bakal seneng banget aku hehehehehehee riris jelekkkk. .

Wury mengatakan...

Postingan cerdas, Ris. Aku jadi lebih ingin menggali lebih dalam dunia kesehatan. Jujur, selama ini pengetahuanku dalam dunia kesehatan sangat minim sekali. Tapi itu semua karena mungkin aku jarang sakit (amin alhamdulillah) jadi secara otomatis aku tidak sering berhubungan langsung dengan ahli medis.
Tapi infomu ini benar-benar menarik. Two thumbs up...

de hoppus mengatakan...

wah ndak tau mau comment apa ne saia,bingung mengomentarinya,soalnya saia sendri ndak punya pandangan sama sekali mengenai ilmu ekonomi maupun kesehatan,numpang baca ya sist.

Muhammad Ulil Albab mengatakan...

hmmm.. wah ternyata satu ilmu cakupannya luas juga ya, bisa menjalar kemana-mana, seperti halnya ilmu kesehatan dengan ilmu ekonomi ini

atdayyan mengatakan...

kalau dipikir-pikir, hal tersebut ada benarnya juga

Catatan Mahasiswa mengatakan...

smakin qta mngerti tntng dunia ksehatan, smakin kecil kemingkinan untk qta trkena suplier induced dan reduced demand...

ilmu bru untuk saya, artikel yg bgus kk..^^

rizki_ris mengatakan...

@cerita anaka kost : permalinan harga memang gak bisa dipungkiri sobat. ada kalanya memang sebagian tenaga medis yang menjual harga obat- obatan dg harga tinggi, itu juga ada pengaruh besar dr perusahaan farmasi. mungkin nantinya akan ada pembahasan lanjutan soal permainan harga sobat
@beeny : terima kasih sobat
@rizal : saya juga mempelajari ekonomi, tapi ekonomi kesehatan. Ilmu ekonomi itu unik lho
@susu segar : anaknya orang tua saya hehehe. itu khan juga ada intervensi dari buku yang saya baca dan dosen saya, jadi muncul artikel seperti ini

rizki_ris mengatakan...

@wury : terima aksih sobat. kunjungan ke tenaga medis tidak hanya saat kita sedang sakit lho. Bisa saja kita datang untuk check up kesehatan kita
@de hoppus: monggo silahkan dibaca mas
@m. albab : memang sobat, banyak sekarang muncul ilmu baru- baru karena hasil perkawinan ilmu
@atdayyan : benar sobat
@catatan mahasiswa : benar sekali sobat , oka sobat

Susu Segar mengatakan...

kunjungan sore ah. . . .

Jejak Puisi mengatakan...

ane baru tau y kalo di ilmu kesehatan ada pelajaran ekonomi, bahkan lebih khusus lagi.

hmmm, makasih shareny sobat. sangat bermanfaat sekali.

salam blogger^^

Faizal Indra kusuma mengatakan...

Betul^^

KangFarhan mengatakan...

sip nih bang artikelnya...terkait bangt antara kesehatan dan ekonomi..dua insan yg tak terpisahkan...
salam hangat selalu bang

Zero CodeXgigas mengatakan...

info menarik, gue setuju sama riris. kesehatan tidak lepas dari Permintaan dan Penawaran pelayanan kesehatan. ini lagi dipelajari di kelas saya.. hhe

Deindra mengatakan...

iya kalo dipikir pikir emang antara ilmu keduanya memang bisa saling berkaitan..

Nurhadi Prayogi mengatakan...

Informasi yang bermanfaat... kunjung balik Gan

vie_three mengatakan...

justru kesehatan sama ekonomi memang erat hubungannya.

permintaan kesehatan, tapi penawaran ekonomi yang berat.

bagi yang ekonomi dibawah standart jadi kayak gini ilustrasinya :
orang sakit, permintaan sembuh, tapi mahal harganya, penawaran keringanan, yang ada gak digubris sama pihak rumah sakit. hehehehe

rizki_ris mengatakan...

@jejak puisi : ada sobat, di fkm peminatan akk diajarkan ekokesh sobaat
@faizal : terima kasih sobaat
@kang farhan : saya perempuan sobat
hehehe
makasih sobat
@zero: sip sobat. belajar ekonmomi sobat?
@deindra : sip sobaat
@nurhadi : terima kasih sobat
@vitri : tenang sobat sebentar lagi wajib semua masyarakat Indonesia mengikuti asuransi kesehatan pemerintah. UUnya sudah disahkan, tinggal aplikasinya masih digodok

Susu Segar mengatakan...

kunjungan malem ahhhh. . . da orangnya ndak ya. . .

Media Bisnis dan Pariwisata mengatakan...

Ilmu ekonomi memang banyak berkaitan dengan ilmu ilmu lainnya termasuk ilmu kesehatan...nice post.

Kaito kidd mengatakan...

nice share anti ^____^

chartini mengatakan...

Permisi, cuman mau share aja nih. ada info lomba bikin artikel. Hadiahnya lumayan ada 2 buah printer laser jet dan voucher. Caranya tinggal like fanpage >> http://www.facebook.com/anugrahpratamacom. Dan ikuti Contest menulis artikelnya.
Terima kasih

Rohis Facebook mengatakan...

kembali hadir sambil nyari2 postingan terbaru.... *smile

Nhinis mengatakan...

Apa sih yg tidak berhubungan dng hitung2an uang ? Kyknya semua di dunia ini membutuhkan ekonomi (uang) termasuk kesehatan :D

Wury mengatakan...

Kunjungan sore, Ris :)

Mine and Me mengatakan...

hem... kamu pinter deh...
ajarin aku dong mbak... *kedip2 ganjen* hehehe ^_^

Susu Segar mengatakan...

kunjungan malem ah. . . . . ada cemilan ndak nih. . .

zaenal Blog mengatakan...

Jika dalam pendidikan, mungkin hampir sama dengan Teknologi tepat Guna...
Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga....
sehingga orang berani bayar mahal demi kesehatan,
namun memang terkadang intervensi dan pelayanan yang tidak tepat hanya menghabiskan waktu dan kocek saja...
nice share sis, salam kenal,.
Happy Blogging....

rizki_ris mengatakan...

@media bisnis dan kaito kid :terima kasih sobat
@chartini : terima kasih infonya sobat
@rohis : postingan sudah terupdate sobat
@nhinis : everything is money mbak
@wury dan susu segar: terima kasih kunjungannya
@me: terima kasih sobat
@zaenal :sama- sama sobatt

PRINT SERVER mengatakan...

wah artikelnya kreatif juga..
mantab..

UII Official mengatakan...

Terimakasih Infonya
artikel yang bagus,
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

jerawat mengatakan...

ilmu ekonomi maupun kesehatan sama" penting

Sabun Penghilang Jerawat mengatakan...

Sabun Muka Penghilang Jerawat
Sabun Jerawat

Sabun Jerawat RA mengatakan...

Sabun Jerawat Terbaik apa ya teman-teman ?

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ^^

Template by:
Free Blog Templates