Kamis, 13 Oktober 2011

Konflik Ganda dan Stress Kerja Pada Pekerja Wanita

Jumlah wanita pencari kerja akan semakin meningkat di sebagian wilayah dunia. Menurut BPS data komposisi angkatan kerja 1990 & 2000 jumlah angkatan kerja wanita yang aktif meningkat dari 6.869.357 pada tahun 1990 menjadi 36.871.239 pada tahun 2000. Sedangkan menurut BPS, selama agustus 2006 hingga agustus 2007 jumlah pekerja perempuan bertambah 3,3 juta orang, sementara itu pertambahan jumlah pekerja laki- laki hanya sebesar 1,1 juta. Wanita ingin tetap bekerja, karena pekerjaan memberikan banyak arti bagi diri mulai dari dukungan finansial, mengembangkan pengetahuan dan wawasan, memungkinkan aktualisasi kemampuan, memberikan kebanggaan diri dan kemandirian (meskipun penghasilan suami mencukupi), serta memungkinkan subyek mengaktualisasikan aspirasi pribadi lain yang mendasar seperti memberi rasa berarti sebagai pribadi. Meskipun keterlibatan dalam berbagai peran ini dapat memberikan keuntungan psikososial, seperti peningkatan kepercayaan diri, moral, serta kebahagiaan (Aryee, et, al 1999), kesulitan dalam memenuhi tuntutan pekerjaan dan keluarga yang sering kali bertentangan juga dapat menyebabkan terjadinya konflik pekerjaan-keluarga (Bedeian, et, al 1983).
Dalam menjalani dua peran sekaligus, sebagai seorang pekerja sekaligus sebagai ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Peran ganda pun dialami oleh wanita tersebut karena selain berperan di dalam keluarga, wanita tersebut juga berperan di dalam karirnya. Konflik pekerjaan dan keluarga menjelaskan terjadinya benturan antara tanggung jawab pekerjaan dirumah atau kehidupan rumah tangga (Frone & Cooper, 1994).
Karyawan yang tidak dapat membagi atau menyeimbangkan waktu untuk urusan keluarga dan bekerja dapat menimbulkan konflik yaitu konflik keluarga dan konflik pekerjaan, atau sering disebut sebagai konflik peran ganda wanita antara keluarga dan pekerjaan.
Adapun konflik peran ganda ini bisa menurunkan kinerja karyawan, sementara menurunnya kinerja karyawan bisa memberi dampak pada meningkatnya keinginan untuk keluar, meningkatnya absensi, dan menurunya komitmen organisasi (Boles, Howard & Donofrio, 2001). 
Maka kiat utama untuk diri individu adalah menerapkan manajemen waktu untuk dapat mengoptimalkan perannya sebagai dirinya sendiri, istri, sekaligus karyawati, Seorang wanita juga seharusnya bisa memanajemen stress dan mengendalikan emosinya, Selain itu, dalam sebuah keluarga hendaknya ada komunikasi dan kesepakatan antara suami dan istri untuk membagi pekerjaan rumah tangga. Sedangkan bagi perusahaan, harus mampu memahami problematika tersebut Menurut Nyoman Triaryati (2003) ada beberapa kiat untuk perusahaan dalam menghadapi masalah konflik pekerjaan dengan keluarga dan keluraga pekerjaan, yaitu memberi waktu kerja yang lebih fleksibel, menyusun  jadwal kerja alternative, menyediakan tempat penitipan anak, Menetapkan kebijakan ijin keluarga, dan melakukan job sharing.



2 comments:

Karl Baxter mengatakan...

Hi, I see that you are using the free cristalweb blogger template.
theres a anchor text of "wholesale" that links to our website.

I have aranged for the template to be changed and all customers using the template can upgrade for free!
This is in your intrest as Google has/will de-index all sites using the original template as it vialates google's web spam policeys.


The new template can be found at... http://www.deluxetemplates.net/2011/12/cristalweb-blogger-template.html


or the 2012 latest version of this template http://www.deluxetemplates.net/2012/09/newcristalweb-blogger-template.html

Please can you upgrade, to cover your admin costs I will pay you $25 direct to your paypal account.

You can contact me on karl@wholesaleclearance.co.uk please let em know when you have upgraded and send your email address and ill send the payment to your account.

Kind Regards

Karl Baxter (Wholesale Clearance UK Ltd)

Karl Baxter mengatakan...

Hi, saya melihat bahwa Anda menggunakan template gratis blogger cristalweb.
theres teks jangkar "grosir" yang link ke website kami.

Saya telah menyusunnya untuk template yang akan berubah dan semua pelanggan yang menggunakan template dapat meng-upgrade secara gratis!
Hal ini minat Anda sebagai Google memiliki / akan de-index semua situs menggunakan template asli karena vialates google web policeys spam.


Template baru dapat ditemukan di ... http://www.deluxetemplates.net/2011/12/cristalweb-blogger-template.html


atau versi 2012 terbaru ini http://www.deluxetemplates.net/2012/09/newcristalweb-blogger-template.html Template

Harap dapat Anda meng-upgrade, untuk menutupi biaya admin Anda, saya akan membayar Anda $ 25 langsung ke account paypal Anda.

Anda dapat menghubungi saya di karl@wholesaleclearance.co.uk beritahukan mereka tahu ketika Anda telah ditingkatkan dan mengirimkan alamat email Anda dan sakit mengirimkan pembayaran ke rekening Anda.

Kind Regards

Karl Baxter (Grosir Izin UK Ltd)

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ^^

Template by:
Free Blog Templates