Jumat, 18 November 2011

JAMPERSAL dan KB

Jampersal atau Jaminan Persalinan merupakan suatu program yang ditujukan untuk menekan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi. Jampersal merupakan jaminan pembiayaan (gratis) meliputi pemeriksaan kehamilan, persalinan, pelayanan nifas, pelayanan KB dan pelayanan neonatus di fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan jampersal pemerintah dan swasta.Jampersal ditujukan kepada siapa saja yang belum mempunyai jaminan kesehatan (Jamkesmas, Jamkesda, Jamsostek, maupun ASKES). Jadi Jampersal tidak hanya ditujukan untuk keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.
Pada awalnya saya mengira Jampersal hanya melayani pemeriksaan kehamilan, persalinan, pelayanan nifas, dan pelayanan neonatus htanpa adanya pelayanan KB. Ternyata di dalam Jampersal juga disertakan pelayanan KB. Hal tersebut dimaksudkan agar mengimbangi dampak dari program Jampersal.
Tujuan utama Jampersal adalah untuk menjaga kualitas kesehatan bumil sebelum melahirkan, saat persalinan, dan setelah persalinan serta untuk meningkatkan kesehatan bayi selama di kandungan dan setelah dilahirkan.Mungkin pada awalnya orang awam mengira dengan adanya Jampersal berarti bebas biaya dan setiap dia hamil pasti akan dibiayai gratis. Hal tersebut dapat memicu keinginan seseorang untuk mempunyai keturunan lebih dari dua tanpa melakukan pembatasan. Karena dalam mindseat mereka " khan ada Jampersal jadi nanti setiap saya melahirkan khan gak bingung, jadi terserah saya mau punya anak berapa?"
Jika sudah tertanam mindseat seperti itu tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada laju pertumbuhan penduduk Indonesia.
Dengan adanya pelayanan KB pada program Jampersal, maka dampak seperti tadi dapat ditekan. Selain itu dengan adanya program KB dalam program Jampersal, maka akan semakin menambah kualitas kesehatan Ibu dan Anak.

1 comments:

PRINT SERVER mengatakan...

PERTAMAX sob..
nice info..

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ^^

Template by:
Free Blog Templates