Selasa, 24 Januari 2012

Adakah Jaminan Keamanan Bagi Kaum Kami?


Sumber gambar : http://www.komnasperempuan.or.id/2011/09/siaran-pershadirkan-jaminan-rasa-aman-dalam-transportasi-publik/


Beberapa kasus kekerasan seksual pada perempuan yang beberapa kali diberitakan di media masa telah membuat saya geleng- geleng kepala sambil mengelus dada.
Pemerkosaan Terjadi di Transportasi Publik

Ini Gila, itu yang terlintas dalam pikiranku

Ada apa dengan masyarakat kita ini??
Dahulu kasus pemerkosaan terjadi di tempat- tempat dalam ranah individu, sekarang bergeser di tempat- tempat publik...
Dimana moral masyarakat kita??

Lalu bagaimana nasib kaum- kaum hawa sebagai pengguna jasa transportasi umum seperti saya??
Entaaaaahhhhhh

Terus terang dengan munculnya beberapa kasus kekerasan seksual di transportasi umum membuat saya merasa was- was dalam menggunakannya. Padahal dulu saya menganggap bahwa transportasi umum adalah jenis transportasi yang aman karena di dalam transportasi itu saya tidak sendirian, ada penumpang lain dan juga supir atau minimal cuma supir lah. Tapi dengan munculnya kasus kekerasan dan pelecehan seksual yang marak terjadi membuat saya berpikir ulang.

Siapa yang perlu disalahkan jika ada kasus pemerkosaan di angkutan umum??
Apakah kaum hawa yang dipersalahkan??
Dipersalahkan karena menggunakan rok mini, pakaian terlalu seksi, genit dan lain- lain??
Seperti itukah??

Kaum hawa adalah korban, mangsa atau sasaran lho...
Kenapa kami yang disalahkan?Kenapa mengkambinghitamkan kami??

Di sini saya bukannya pro terhadap rok mini atau pakaian seksi, saya juga lebih suka jika kaum hawa berpakaian tertutup.
Mungkin ada pandangan bahwa memakai pakaian lebih tertutup itu merupakan suatu tindakan membentengi diri, itu memang tidak salah.
Tapi apakah ada jaminan keamanan dari tindak pelecehan dan kekerasan seksual bagi perempuan yang berbusana tertutup dan berhijab seperti saya?
Menurut saya penjahat seksual atau bisa saya bilang "orang yang mempunyai kelainan" tidak memandang si korban dari segi busananya yang penting di saat itu ada korban di saat itulah mereka bisa melakukan tindak kejahatan.
Intinya,semua perempuan tidak memandang itu dari segi busana mempunyai potensi yang besar untuk terkena tindak kekerasan seksual.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah terulangnya lagi kasus- kasus kekerasan dan pelecehan seksual??

Tindakan- tindakan yang mungkin bisa dilakukan pihak yang bertanggung jawab untuk memerangi kasus tersebut adalah perbaikan infrastruktur di tempat- tempat umum serta peningkatan keamanan seperti patroli polisi di tempat- tempat rawan. Payung hukum untuk perlindungan terhadap perempuan seharusnya juga lebih ditegakkan kembali.
Peran masyarakat, keluarga, dan individu juga diperlukan. Hindari sikap mendiskriminasi korban- korban pemerkosaan karena hal tersebut akan lebih memperumit kasus dan menjadi pukulan tersendiri bagi korban. Penanaman agama dan moral juga perlu ditanamkan secara kuat di dalam keluarga dan masyarakat. Adanya penanaman moral dan agama, maka akan memperkecil tindak kejahatan.
Selain itu manajemen stress pada diri individu dan keluarga juga sangat diperlukan. Adanya masalah atau tekanan pada keluarga dan diri individu akan membuat seseorang nekat dan mengalihkan kegiatannya pada hal- hal negatif seperti tindak kejahatan.

Bagi kaum hawa sendiri, mungkin agar lebih berhati -hati dalam memilih angkutan umum. Pilihlah angkutan umum yang ramai dan banyak terdapat penumpang perempuan. Selain itu hindari pulang malam sendirian, paling tidak ada teman lain yang menemani.Jika sedang menunggu angkutan umum, pilihlah tempat yang ramai dan terdapat penerangan. Jika memungkinkan bekali diri dengan ilmu bela diri, namun jika tidak memungkinkan bawalah benda- benda yang sekiranya berguna untuk membentengi diri seperti gunting kecil, pepper spray, atau silet kecil.

TERIMA KASIH

21 comments:

jobkolom mengatakan...

semoga pemerintah cepat tanggap untuk masalah ini, supaya ada rasa aman buat kaum hawa.. maaf baru sempat berkunjung

Rama Arif Maulana mengatakan...

KEDUAX sobat :D
wah nice post sob :)
Absen siang

Catatan Mahasiswa mengatakan...

Wah...hti2 ya kk, td aq nntn brita udah ada prmpuan yg lg jlan sndrian mlm2 d pkul smpe pngsan trus d prkosa....

Udah ga ada yg aman nih d ngara ini..naik angkot d prkosa, naik busway d colek+senggol, naik bis d copet, jlan kaki d tabrak, ngesot d tndang satpam... haduh....

suci nabbila mengatakan...

korban yang terakhir malah berjilbab dan pulangnya juga jam 9 malam (ga terlalu malam juga) serem yaaaa :((

semoga kita semua tetap berada dalam perlindungannya.. aminamin :(

rizki_ris mengatakan...

@sobat jobkolom : semoga saja, soalnya merasa gak nyaman serasa diteror sob. Wah aku juga udah lama gak kunjungan ke blog sobaat
@sobat rama : Makasih sobattt ^^
@sobat catatan mahasiswa : serasa diteror dek kalau kayak gini
Mau kemana- mana kagak aman, ndekem di rumah sendirian juga gak aman :(
@sobat suci : lha ya itu mbak, berarti emang bukan salah perempuannya, penjahatnya aja itu yang punya kelainan :(
Amiiiinnn

Azmi mengatakan...

Hukum dibuat dengan tujuan membuat jera bagi pelaku/kalau perlu dieliminasi dari dunia
Serta sebagai ancaman dan memberi rasa takut bagi yang lain...
Masalahnya hukum negara/manusia tidak bisa melakukan itu karena terlalu ringan, yang parahnya lagi..hukum yang dibuat negara itu juga tidak ditegak kan..

Saran bagi para perempuan..usahakan jika ingin bepergian ajak serta teman/keluarga.. Jika memungkinkan berlatih bela diri..biar kalau ketemu para maniak itu bisa langsung dihajar.. Harusnya laki-laki itu melindungi kaum wanita..bukan malah menyakiti.

Si Galau mengatakan...

saya sebenarnya kaget.
mreka sudah brani ngelakuin hal keji tersebut..
udah tau angkutan umum. pasti bakal cpet ketangkep --"
apa gak mikir ya tuh

Albab mengatakan...

orang-orang sudah pada ngga punya moral, ckckck *geleng-geleng

Hairun Nisya mengatakan...

Kalau kata ayah saya selagi seorang perempuan tidak memancing laki-laki pasti si laki-laki juga nggak bakalan bernani menyentuh perempuan, realita kita lihat sangatlah jarang seorang perempuan yang berpakaiaan tertutup menjadi kekerasan seksual melainkn yang menjadi korban adalah dia yang berpakaian yang serba mini yang mampu menarik gairah dan nafsu para lelaki...bukankh begitu..???

Asis Sugianto mengatakan...

heeemmmm tetap semangat sobat.... selalu ada perlindung dan yang melindungi kaum wanita...

rizki_ris mengatakan...

@sobat azmi : memang hukum di Indonesia sepertinya dibuat mainan, padahal ini menyangkut masa depan seseorang. Sip sobat, wanita juga harus membekali dirinya. Terima kasih kunjungannya ^^
@sobat galau :Bener banget sobat, padahal itu di tempat umum.Mungkin moral mereka sudah benar- benar luntur
@sobat albab :Benar sobat, moral bangsa kita sudah bobrok, sudah gak tau malu
@sobat nisa : Tapi sobat kita tidak bisa memukul rata seperti itu lho,karena bagi perempuan- perempuan yang berkrudungpun juga berisiko terkena tindak kejahatan
@sobat asis : amiiinnn, semoga pemerintah lebih memperhatikan keamanan perempuan

Fajar mengatakan...

Yang cewek ngerasa gak aman, udah rekrut bodyguard aja... Hahaha...

Benny Dwi mengatakan...

absen malem sob :D
intinya harus bisa jaga di aja,,,

rizki_ris mengatakan...

@sobat fajar : ide bagus itu sobattt, tapi mahal ^^
@sobat benny : sipppp, harus bisa jaga diri
Terima kasih sudah difollow sobat

Uswah mengatakan...

berkunjung sist.. blognya bagus banget....

yg pasti jaga diri ajah...

:) polbek yah sist :)

rizki_ris mengatakan...

@sobat uswah : Alhamdulilah dikatakan bagus
Terima kasih sobat
Folback sukses sobattt

momod mengatakan...

kalo menurut saya sih perempuan harus bisa jaga diri juga semacam ikut karate, taekwondo .. debus lah . hehe

salam kenal ^_^ baru pertama berkunjung soalnya ..

Spenza-Sumpiuh mengatakan...

kasian yah orang ya ekonomi nya randah semoga pemerinta memberikan progam baru bagi kamu kurang mampu

Catatan Mahasiswa mengatakan...

diem d rumah, tabung gas mledak kk... -,-

rizki_ris mengatakan...

@sobat momod : Iya sobat itu juga penting, khan juga keren kalau cewek bisa kayak gitu ^^
@sobat spenza : aminn, terima kasih kunjungannya
@sobat catatan mahasiswa : diem di rumah, rumah dibobol
ckckckck

PRINT SERVER mengatakan...

wah artikel yang sangat bagus baru nich..
mantab sob ...

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ^^

Template by:
Free Blog Templates