Selasa, 07 Februari 2012

Apa yang Sudah Kamu Lakukan Untuk BUMI?

Sumber gambar http://semarengineer.files.wordpress.com/2011/12/hijau-daun-1.jpeg

"Apa yang sudah kamu lakukan untuk BUMI?"

"Sebuah pertanyaan sederhana yang sulit untuk dijawab."

Andai BUMI dapat berbicara dan diajukan suatu pertanyaan
"Apa yang sudah kamu lakukan untuk MANUSIA?"

Pasti BUMI akan menjawab
"Saya sudah memenuhi segala sesuatu yang diinginkan manusia"
Saya menghidupi manusia dengan air- air yang mengalir dan mahluk hidup yang berkembang biak di tubuh saya
Saya memberi mereka kekayaan dengan hasil tambang yang saya miliki
Saya melindungi mereka dari benda- benda langit dengan lapisan- lapisan udara di sekitar saya
"Apapun yang manusia inginkan dapat mereka ambil dari tubuh saya"

Lalu apa yang sudah kalian lakukan untuk bumi??

59 comments:

Muro'i El-Barezy mengatakan...

Pertanyaan yang wajib kita renungi.:)

rizki_ris mengatakan...

direnungi dulu mas, nanti kalau sudah ketemu silahkan ditulis di sini ^^

Lentera Langit mengatakan...

prtanyaan yang menggugah...,selama ini emank manusia hny bs mengambil manfaat dr Bumi tp bumix gk dijaga.. :( :(

[./3r0r-c0d3] mengatakan...

Jika KITA tidak dapat membalas kebaikan BUMI,

KITA cukup Tidak mencemari Atau merusaknya.. :))

Irham Sya'roni mengatakan...

Iya, ya. kita terlalu keseringan menyakiti dan mengecewakan si bumi. Yach, mulai skrg minimal tdk mengeksploitasinya secara berlebihan dan tahu trma kasih aja deh sama si bumi. :-)

suci nabbila mengatakan...

rasanya aku baru cuma berdisiplin nggak buang sampah sembarangan, memisah sampah organik untuk jadi kompos dan non-organik doang :( coba bisa ikut aksi penyelamatan paus atau gimana gtu ya, yang lebih 'guna' :((

muhammad hidayat mengatakan...

nice post kawan,,, :)

Pertanyaannya sangat berbobot tuh, saya rasa saya belum melakukan apa-apa untuk bumi

widhi online mengatakan...

Salam kenal ya mbak...
Insya Allah saya sudah menjaga bumi ini... misal buang sampah tidak sembarangan... :p

Wury mengatakan...

Aku udah coba mengurangi pemakaian tisu dan tidak membuang sampah sembarangan. Tapi itu tak sebanding dengan apa yang udah bumi lakukan buatku.

Salam kenal, ya! Jangan lupa kunjungi blogku, yaaa :)

puramoz mengatakan...

Hemat air, hemat listrik...
kalo bisa naik angkutan umum untuk mengurangi polusi, kalo bisa jalan..
dan menanam pohon di skitar rumah q..

Uswah mengatakan...

alam begitu luar biasa pengabdiannya untuk kita... manusia sebenernya cukup membudidayakan saja, tidak hanya mengambil manfaat tapi juga ikut melestarikan :)

Anita mengatakan...

Jadi berpikir. Apa yah yang sudah saya lakukan untuk bumi :(

susu segar mengatakan...

wah apa yak. . . . . hhhmmmmmmmm . . . .. aku inget inget dlu ya mbak hehehehehee

Brilli Healthy mengatakan...

Jujur tak banyak yang bisa saya lakukan untuk bumi... saya masih suka buang sampah sembarangan, memakai fasilitas kendaraan dan barang elektronik yg notabene adalah penyebab kerusakan ozon, menghancurkan pagar hidup pekarangan rumah kemudian menggantinya dengan dinding semen + besi dan masih banyak lagi.

Sebagai mantan anggota "Pecinta Alam" jika membaca tulisan semacam ini, jujur hati sy terasa perih. kemanakah semangat hijau yg dulu slalu saya lantangnkan pada semua orang?

hanya sedikit tanaman yg bisa saya tanam itupn cuma di halam rumah, jauh berbeda dengan dulu .... hmmm itulah aku saat ini

thanks sob atas posting yang sangat menggugah ini :)

Brilli Healthy mengatakan...

Oya tambahan dikit sob, perkenankan saya menyampaikan puisi yg pernah saya buat ditahun 2005 lalu, nggak seberapa bagus sih tapi itu adalah luapan hatiku saat rindu dengan teman2 PA (pecinta alam)

“Mahameru”

Mahameru …
Lagu yang buatku titikkan air mata.
Ketika pada bait “itu tanda kutiada”, selalu
getarkan nurani idealisku.
Ternyata aku adalah bagian dari ketidakberdayaan.

Dawai gitarku membeku.
Berkarat dalam jeda nan panjang.
Tapi entah kenapa?
Malam ini kujumput memori bersamanya.
Kukenang lagi masa, dimana
konon aku dan sahabat-sahabatku pernah berjaya.

Diantara lembah, kali, puncak, bahkan pantai!
Adalah kekasih tercantik bagi jiwa-jiwa kami.
Lantas mengikat batin jadi persaudaraan hakiki.
Itu kisah terindah dalam hidupku.
Juga hidup mereka.

Malam ini aku bertanya pada rembulan.
Bilakah kudapati kisah itu kembali?
Mahameru …
Setidaknya tepiskan kerinduanku.

any mengatakan...

melakukan penghijauan dan tidak membuang sampah ke sungai (kalau di jalan kadang-kadang kalo lagi ga kepepet hehehe...hehe...), salam kenal ya ^0^v

Arief Rachmadi Blogger Pemula mengatakan...

slam kenal ya gan. . .follback ya. . #77

rizki_ris mengatakan...

Yup bener banget mas
kasihan kalau kayak gitu terus
kita khan juga hidup menggantungkan alam

rizki_ris mengatakan...

yupp bener banget sobat ^^

rizki_ris mengatakan...

Yup kasihan si bumi mas :(

rizki_ris mengatakan...

Gak usah aksi besar dulu mbak, aksi kecil tapi berkesinambungan malah lebih bermanfaat ^^

rizki_ris mengatakan...

Hehehe makasih sbat
mulai dari sekarang jaga si bumi ya

rizki_ris mengatakan...

Salam kenal juga
wah bagus tuh, diteruskan ya sobat ^^

rizki_ris mengatakan...

salam kenal juga
tidaka apa- apa sobat
aksi kecil dan berkesinambungan malah jauh lebih bermanfaat

rizki_ris mengatakan...

wah ternyata sobat sudah menerapkan green living
teruskan ya soba
semangat

rizki_ris mengatakan...

Benar mbak, kalau tidak dijaga kelestariannya kasihan juga nanti anak cucu kita

rizki_ris mengatakan...

hmmm hehehehe
semangat untuk bumi kita sobaat, dimulai dari al kecil dulu

rizki_ris mengatakan...

heeheeh
monngo diinget- inget dulu mas

rizki_ris mengatakan...

gak apa- apa mas
dimulai lagi dari kebiasaan- kebiasaan kecil yang berkesinambungan dulu
Memang kadang manusia lupa berterima kasih pada bumi, begitu juga saya ^^
wah puisinya bagus mas
terima kasih mas puisinya ^^

rizki_ris mengatakan...

salam kenal juga
teruskan aksi sobat, tapi jangan diulangi lagi membuang sampah sembarangannya ^^

rizki_ris mengatakan...

salam kenal juga
segera saya folback

Nhinis mengatakan...

Membuang sampah pada tempatnya, hehe :D

sweethy amore mengatakan...

Semoga kita bisa menjaga bumi ini dengan baik. Menjaga bumi, bisa kita mulai dari hal-hal yang kecil, misal: jangan buang sampah sembarangan, hemat listrik dan air dan semoga kita bisa berlaku bijak pada bumi yang kita pijak serkarang ini.

Nice share..

Thanks.

outbondmalang mengatakan...

iya nih sob, manusia blm byk melakukan untuk bumi, malah kerusakan yg ditimbulkan...

Tautan Pena mengatakan...

Pena hadir dan absen pagi sob...
Tampilannya baru nih sob...tambah cantik blognya nih
Pendek tetapi mengena sob postingannya ini

Blog Keperawatan mengatakan...

Kita memang harus menjaga bumi ini serta juga kelestariannya...
Ini juga demi anak cucu kita kelak.
Follow sini juga sahabat

Taman berbagi mengatakan...

Maaf sahabat baru bisa bersilaturahmi di sini dan Link sahabat telah terpasang.
Dicek di Link Kawan ya...
Offline lama soalnya

HEЯRY mengatakan...

Jawabannya mudah namun terkadang sulit dikerjakan oleh manusia..
Memaksimalkan minimalis kepada produk alam :)
Oia salam kenal ya, ijin follow blog ini :)





hiakuherry

rizki_ris mengatakan...

Bagus sobat
teruskan selalu aksi sobat ^^

rizki_ris mengatakan...

Amiiin semoga kita bisa memberi yang terbaik untuk bumi ^^

rizki_ris mengatakan...

Iyah sobat, sangat sedikit kesadaran mereka untuk menjaga bumi

rizki_ris mengatakan...

Terima kasih kunjungannya sobaat
Lama tak bertemu
Wah terima kasih sobat

rizki_ris mengatakan...

Sip sobat, kita juga harus ingat anak cucu kita supaya nanti tetap kebagian
Terima kasih follownya

rizki_ris mengatakan...

Iya sobat
long time not see ini
hehehe
terima kasih sobat ^^

rizki_ris mengatakan...

Sip memang seperti itu sobat
Terima kasih untuk follownya sobat

HEЯRY mengatakan...

sama2 oia untuk widget di tampilan dinamis, menurut sumber dari blogspot nanti ada kok..

rizki_ris mengatakan...

Ingin coba sobat
Tapi gimana caranya kalau mau pindah ke dinamis?

Fikri mengatakan...

Pertanyaan mendasar yang perlu dijadikan renungan....

untuk saya, belum bisa melakukan apa2. tapi paling tidak membuat rusak bumi

Benny Dwi mengatakan...

jadi ngeri klo ditanya begitu
saya belum bisa ngelakuinya,,, hiii

nice post sob :D

Catatan Mahasiswa mengatakan...

bnr kk, prtnyaan yg prlu d jadikan introfksi diri...

district16 mengatakan...

sulit jawab pertanyaannya

Nur Prasetiyo (Zutonx Blog) mengatakan...

Sebagian manusia berusaha melakukan simbiosis mutualisme dengan Bumi....namun sebagian besar manusia hanya menjadi parasite bagi Bumi...mereka kuras kekayaan alam terus menerus tanpa mau memperhatikan/merawat lingkungan tersebut..

ardian mengatakan...

jika boleh diibaratkan, kita hanya menumpang hidup di bumi ini & sudah sepatutnya kita berterima kasih pada bumi dengan menjaganya dg sbaik2nya atas apa yang sudah alam berikan pada kita...
jangan sampai kita merusak alam dengan kerakusan & ketamakan kita yang hanya mengambil SDA saja tanpa memperbaharui SDA yang sudah kita ambil dari alam....

Yuyud mengatakan...

Nice post sob. . Kunjung balik yo.

Si Galau mengatakan...

smoga dari skarang dan kedepanna..
bnyak orang yg sadar dan tau pentingnya mnjaga bumi kita :3
perlu adanya sebuah tindakan nih mbak :3

rizki_ris mengatakan...

@Fikri : sip sobat tidak merusak bumi. Teruskan aksi sobat
@Benny : Mungkin nanti bisa dimulai dengan aksi- aksi kecil sobat
@catatan mahasiswa : sip bener dhek d^^b
@nur prasetyo : ya sebagian mereka yang menjadi parasit adalah orang- orang yang egois
@ardian : yup benar sobat, kita lho hanya numpang masa' numpang mau ngrusak yang ditumpangi
@yuyud: terima kasih sobat. oka da
@si galau : amiiin semoga generasi muda sekarang lebih peduli pada lingkungannya

arti irhamna mengatakan...

apa sudah kita lakukan??
menangis bumi kita dan entah apa yang kita lakukan, membuat semua harus dipertanyakan dan dipertanggungjawabkan.
Keep Blogging For The Earth!!

rizki_ris mengatakan...

@sobat arti irhamna : kita cuma bisa menyesal atas perbuatan yang kita lakukan
Keep blogging for earth, happy go green sobat

PRINT SERVER mengatakan...

setuju nich dengan artikelnya..

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ^^

Template by:
Free Blog Templates