Jumat, 06 April 2012

Transformasi Menuju SJSN

Selamat malam sobat blogger semuanya
Masih terngiang- ngiang sampai sekarang masalah kenaikan harga BBM minggu kemarin
Demo, kericuhan terjadi dimana- mana
Oke, dariada pusing kita refresh otak kita dengan kabar gembira yang datang dari negeri kita
Mungkin agak telat ya saya posting soal ini? Soalnya Undang- undangnya sudah disahkan tahun lalu hehehe

Sebagian orang mungkin sudah mendengar mengenai BPJS dan SJSN, untuk lebih jelasnya mari kita simak ini :

SJSN merupakan singkatan dari Sistem Jaminan Sosial Nasional merupakan salah satu bentuk perlindungan sosial yang diselenggarakan oleh negeri guna menjamin warga negaranya untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar. Undang- undangnya pun sudah disahkan sejak lama, yaitu tahun 2004 lalu.SJSN meliputi jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, dan jaminan kematian. SJSN menggantikan program- program jaminan sosial yang sudah ada sebelumnya seperti ASKES, JAMSOSTEK, TASPEN, dan ASABRI.Sehingga nantinya keempat jaminan sosial tersebut akan melebur menjadi BPJS. Latar belakang munculnya SJSN adalah kepesertaan yang kurang, sehingga manfaatnya kurang dirasakan oleh pesertanyanya.Diharapkan nantinya seluruh warga Indonesia akan terpayungi oleh Jaminan Sosial tidak peduli kaya, miskin, sadikin (sakit sedikit miskin),PNS, pekerja sektor formal atau nonformal, bahkan wiraswasta.Sehingaa kepersetaannya adalah wajib, semua warga Indonesia wajib menjadi peserta.Setiap warga Indonesia nantinya wajib membayar iuran dan bagi masyarakat yang tidak mampu akan dibayarkan oleh Pemerintah.

BPJS merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan badan hukum nirlaba yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Undang- undangnya pun sudah disahkan pada tahun yang lalu yaitu UU nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Munculnya SJSN sebenarnya menuai kontroversi di kalangan masyarakat, ada yang setuju adapula yang tidak setuju.
Mereka yang tidak setuju beralasan bahwa Negara wajib menjamin seluruh warganya, jadi tidak perlu warganya yang membayar iuran asuransi untuk dirinya sendiri

Kalau saya termasuk yang setuju, alasannya bukan saya pro pada pemerintah. Tapi kita harus melihat ke lapangan. Pemerintah memberikan jaminan hanya pada orang miskin dan pekerja sektor tertentu seperti PNS dan ABRI. Sedangkan bagaimana nasib mereka yang mempunyai penghasilan rata- rata dan tidak mengikuti satupun jenis asuransi dan tidak mendapat jaminan sosial dari pemerintah? Bisa- bisa kalau mereka sakit bisa jadi Sadikin "Sakit sedikit miskin" karena tidak ada yang membantu meringankan beban mereka.

Ada juga yang mempunyai pendapat dengan melakukan iuran maka akan memberatkan warga Indonesia

Prinsip asuransi salah satunya jaminan sosial yaitu mengalihkan risiko individu menjadi risiko bersama. Maka kasarannya semakin banyak peserta maka semakin ringan iuran yang dibayar.

Sampai saat ini yang digodok terlebih dahulu adalah Sistem Jaminan Kesehatan yang rencananya akan dicanangkan pada tahun 2014. ASKES salah satu penaung dari asuransi kesehatan sekarang sedang bersiap- siap untuk bertransformasi menjadi BPJS.Tentu banyak sekali yang harus disiapkan mulai dari perhitungan premi, pengelolaan iuran, dan paket kesehatan yang disediakan. Diterapkannya SJSN nantinya diharapkan akan membawa harapan baru dan kesejahteraan bagi seluruh warga Indonesia.
Semoga pemerintah dapat menyelenggarakan SJSN ini dengan baik, tidak ada korupsi atau penyelewengan dana iuran yang dibayarkan warga Indonesia sehingga akan tercipta suatu kesejahteraan yang utuh.amiiin

131 comments:

Nhinis mengatakan...

Wahh berat nih pembahasannya ris, bingun mo komeng apa, hehe... >___<

Cendekiawan IT mengatakan...

sepertinya sobat paham betul ya tentang hal tersebut...

good post sob...

salam kenal...

Asis Sugianto mengatakan...

semoga saja SJSN ini memberika solusi terbaik buat jaminan orang miskin...

cerita anak kost mengatakan...

saya setuju dengan kalimat penutupnya, semoga ini tidak jadi lahan korupsi, semoga ini memang murni untuk rakyat yang membutuhkan.

Peduli AlamKu mengatakan...

biasanya ini rawan korupsi mba, atas nama rakyat tapi ujungnya... ya gitu dah.

tapi setuju si sama konsepnya, tadinya di tanggung indifidu sekarang di tanggung bersama.

Lentera Langit mengatakan...

bungung liat tingkahx pemerintah, disisi lain mensejahtarakan rakyat & disisi lainx mensengsarakan rakyat, sy mah pasrah aja hehehe.., thx infox yaa :)

Zuhdi Travelife mengatakan...

saya termasuk orang yang setuju.. saya berharap bantuan yang diberikan bisa menyeluruh dan merata termasuk pada masyarakat yang tidak terdaftar dalam arsip negara [tidak punya KTP] seperti gelandangan, pengemis, dll..

nice post :D

muhammad hidayat mengatakan...

hehehe,, ikut nyimak aja saya sobat..

saya masih terlalu bingung nih :)
tapi saya coba tuk memahami juga nih :)

Uzay ^,^ mengatakan...

Aduuuuuh beraaaat bahasannya...

Seagate mengatakan...

saya sangat setuju sekali dgn program ini, dan telah diterapkan di berbagai negara maju. program ini bisa memberikan kesetaraan dalam pelayanan kesehatan, karena siapapun bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yg layak, tak perduli org miskin atau kaya. semoga segera terwujud dan terlaksana. makasih ya udah berbagi, nice info :)

Dedhy irawan mengatakan...

kunjungan pertama..
salam kenal sobat

Pradikta Dwi Anthony mengatakan...

Lumayan nih artikelnya, buat yang masih pada bingung atau ragu soal SJSN, bisa blog walking ke situs web Institut Jaminan Sosial Indonesia (IJSI) di http://www.inssin.org/ ya, hee.. Bisa juga like fan page-nya di http://www.facebook.com/IJSIndonesia atau follow Twtter-nya di @IJSIndonesia.

Salam.

Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia mengatakan...

waduh... ikut nimbrung ae lah

katils mengatakan...

gak ngerti dunoa politik xixi...

NF mengatakan...

askes atau jamsostek memang membantu, inget dulu waktu masuk RS ga bayar sama sekali karena sudah ditanggung jamsostek, tapi sepertinya sekarang jamsostek tambah 'pelit', berobat jalannya sudah dibatasi dan dokter yang memeriksa pun benar-benar ala kadarnya, sudah tidak senyaman dulu :)

peduli AlamKu mengatakan...

semoga ada yang terbaik untuk rakyat, mampir kembali mba, sambil menunggu postingan selanjutnya.

Ahmad Zuhdi mengatakan...

mampir lagi disini nyambung silaturrahmi. :)

Wury mengatakan...

Semoga program pemerintah ini menjadi solusi terbaik dan tidak ada lagi kesenjangan yang terjadi jika sudah menyangkut masalah kesehatan masyarakat.
Makasih Riz, lagi-lagi kamu berbagi info penting :)

Fahmi Setiawan mengatakan...

Sebenernya dengan adanya program itu menguntungkan bagi rakyat atau sebaliknya sih?

Irham Sya'roni mengatakan...

Liat pic-nya ttg "Org Miskin Dilarang Sakit", hiks hiks aku jadi mrinding n ngeri. Kenapa negara kaya sprti ini kok ya tega menelantarkan org2 miskin dlm kesakitannya ya.

Puisi Kata-Kata Indah Sang Penyair mengatakan...

Semoga rakyat dapat terbantu dgn kebijakan2 pemerintah bukan malah mempersulit & menyusahkan lg yah :)

Salam KKISP :)

Kangfarhan mengatakan...

hehehe...numpang membaca.. saya gak bisa kasih koment banyak soal ini...ilmu saya gak nutut nih mbak...hehehe

outbound malang mengatakan...

kunjungan gan .,.
bagi" motivasi
Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
si tunggu kunjungan baliknya gan.,

Ahmad Zuhdi mengatakan...

mampir lagi ke blog ririspunyamimpi. happy blogging aja uy :D

fib UB bersatu mengatakan...

Kemunculan lembaga lembaga baru ini memang banyak menuai kontroversi dr berbagai lapisan masyarakat,,, tentunya kemunculan lembaga lembaga ini bisa membuat lahan lahan korupsi baru sob,, apalagi di bagian sosial,, itulah mengapa waktu presiden gusdur dulu menghapus departemen penerangan dan departemen apa gitu,, karena dinilai menjadi lahan lahan korupsi...
selain itu tujuannya kurang tepat sasaran..

BlogS of Hariyanto mengatakan...

jaman sekarang sakit-nya dipending saja dululah :)

Hanggar PS mengatakan...

masak sich orang miskin itu dilarang sakit, kejam banget deh, btw twitermu unyu unyu lucu abis hihihihi

rizki_ris mengatakan...

@nhinis : makasih kunjungannya mbak
@cendekiawan : terima kasih sobat
@Asis : bukan hanya orang miskin mas, tapi seluruh warga Indonesia
@cerita :amiiinnn semoga yang korupsi tobat
@peduli alam :jangan lah kasihan masa; uang rakyat dikorup lagi
@lentera langit : tenang sobat insyaallah mensejaterahkan
@zuhdi : benar sobat, bagaimanapun mereka warga Indonesia
@muhamad hidayat : semangat sobat
@uzay :hehehehe pisss
@seagate: benar mas, suapaya semua warga mendapat haknya yang setara
@dhedy : terima kasih kunjungannya
@pradikta : terima kasih mas, segera ke TKP
@katils : terima kasih kunjungannya
@NF : dilaporin aja mbak
@wurry : iyah sobat, khan kasian juga kalau lihat masyarakat yang sedang sakit bukannya memikirkan kesembuhan mereka tapi malah mikir hutang untuk berobat

rizki_ris mengatakan...

@fahmi : menguntungkan sobat kalau menurut saya
@Irham : iya mas, ngeri dan nelangsa mas
@puisi : amiin, semoga pemerintah tidak mempersulit
@Fib UB : tapi kalau tidak ada lembaga seperti ini, masyarakat tidak akan sadar betapa pentingnya jaminan sobat
@Hangar: terima kasih sobat

PRINT SERVER mengatakan...

wah info yang sangat bagus sob..
saya juga baru tau dari blog ini..
nice info sob..

obat herbal sesak nafas alami mengatakan...

salam hangat terdahsyat buat semua //

http://goo.gl/TjAFm8 - http://tinyurl.com/ndxjtx8 - http://gg.gg/27bhd
-http://bit.ly/1jvQgG8 - http://wp.me/P4lM04-3 - http://is.gd/Qkedjx

kanker prostat mengatakan...

semoga makin sukses saja...
http://goo.gl/45WKn

obat darah tinggi hipertensi mengatakan...

semoga bahagia selalu ..
http://goo.gl/AgcHm

obat leukimia mengatakan...

izin menyimak ..
http://goo.gl/Tza0K

obat kanker payudara alami mengatakan...

izin berkunjung bro ..
http://goo.gl/FzrUF1

obat darah tinggi mengatakan...

izin share yaa ..
http://goo.gl/tx29cZ

obat jantung berdebar mengatakan...

templatenya oke binggow ...
http://goo.gl/K8hv3o

obat jantung berdebar mengatakan...

selalu semangat buat hari ini ..
http://goo.gl/KtRxM4

susu kambing obat untuk tumor mengatakan...

http://goo.gl/yKqUV6
jangan lupa kasih cendolnya yaa hihi

susu kambing untuk maag kronis mengatakan...

http://goo.gl/UE0LbJ
horas ... tks infonya

susu kambing obat sakit kepala mengatakan...

https://goo.gl/HVELtB
top abiss nih ...

susu kambing obat anemia mengatakan...

http://goo.gl/uhSWg9
template nya simpe tp menarik

cara menurunkan asam urat tinggi mengatakan...

http://goo.gl/lB7uFi
permisi numpang lewat.hehe
http://goo.gl/lB7uFi

obat kolesterol tinggi susu kambing mengatakan...

salam sejahtera
https://goo.gl/fTOIFD

obat pneumonia susu etawa mengatakan...

semangat pagi yo mas
https://goo.gl/eyNWtt

tips mengatasi stroke susu kambing mengatakan...

oke lah kalau begitu
https://goo.gl/ICZdEg

obat tipes alternatif alami mengatakan...

https://goo.gl/KpqjsR
terimakasih sudah mau berbagi informasi

obat diabetes susu kambing provit mengatakan...

http://goo.gl/S1gxKG
nice sharenya om

obat komplikasi diabetes mengatakan...

semoga makin sukses saja...
http://goo.gl/KtRxM4

obat sakit gula diabetes mengatakan...

salam sehat selalu ..
http://goo.gl/73k92N

obat pengobatan maag kronis mengatakan...

kunjungan pertamax gan ..

http://goo.gl/5JKSrm

obat alami stroke ringan mengatakan...

ikut sundul ah,,,
http://goo.gl/0Y8xo0

obat jantung bocor anak bayi mengatakan...

happy long weekend...

http://goo.gl/krkLZm

obat nyeri sendi dan asma urat mengatakan...

semoga bahagia selalu ..
http://goo.gl/lKPeO

obat miom dan kista mengatakan...

izin menyimak ..
http://goo.gl/33Zv0

obat luka pasca operasi caesar mengatakan...

izin berkunjung bro ..
http://goo.gl/ojqiKS

obat penurun asam urat tinggi mengatakan...

izin share yaa ..
http://goo.gl/Dr8cfc

obat herbal sembelit alternatif mengatakan...

templatenya oke binggow ...
http://goo.gl/2vHuoL

cara mengobati hipertensi pada ibu hamil mengatakan...

selalu semangat buat hari ini ..
http://goo.gl/rFEUSl

obat sakit kepala sebelah mengatakan...

semoga makin banyak saja ya pengunjungnya ..
http://goo.gl/Ts6lC

obat herbal wasir dan ambeien mengatakan...

semoga sehat selalu ..
http://goo.gl/EwToLR

obat herbal penyakit liver alami mengatakan...

salam persahabatan yo ..
http://bit.ly/1iz4Ejv

obat herbal maa akut alternatif mengatakan...

sip banget infonya ..

http://goo.gl/uzknYI

obat herbal isk infeksi saluran kencing mengatakan...

yang kreatif web agan punya ..
http://goo.gl/etF0SJ

obat herbal tbc paru alternatif mengatakan...

terimakasih buat informasi yang bagus

http://goo.gl/FZDw5w

obat herbal asam urat alternatif mengatakan...

ditunggu kunjungan baliknya yo
http://goo.gl/vwO1Ut

obat alternatif kolesterol tinggi mengatakan...

pasti betah lah berkunjung ke web agan

http://goo.gl/vi7gpf

obat herbal maag kronis alami mengatakan...

tak ada web yang sebagus ini. tks

http://goo.gl/uUFX3X

obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah mengatakan...

lagi nunggu berita terbaru nih ..
http://goo.gl/L7Jud4

obat herbal jantung koroner alami mengatakan...

nice infonya pak
http://goo.gl/cAqeBP

obat herbal kanker rahim alami mengatakan...

nice sharenya om
http://goo.gl/J9eCzh

obat herbal kanker rahim alami mengatakan...

terimakasih sudah mau berbagi informasi

http://goo.gl/F0UMKA

obat tradisional diabetes gula darah tinggi mengatakan...

oke lah kalau begitu
http://goo.gl/OnZb8Y

obat herbal kanker serviks alternatif alami mengatakan...

terimakasih sudah mau berbagi informasi

http://goo.gl/RTEorD

obat herbal jantung bengkak alami mengatakan...

oke lah kalau begitu
http://goo.gl/VwZ533

obat herbal paru paru basah alami mengatakan...

semangat pagi yo mas
http://goo.gl/6icZvO

obat herbal kanker leher rahim alami mengatakan...

salam sejahtera
http://goo.gl/Xo36SH

cara mengobati luka sesar alami mengatakan...

permisi numpang lewat.hehe
http://goo.gl/c63T7J

cara mengobati luka sesar alami mengatakan...

template nya simpe tp menarik
http://goo.gl/A7qvsF

cara menurunkan kolesterol tinggi alami mengatakan...

top abiss nih ...

http://goo.gl/ZB228J

cara mengobati cacar air alami mengatakan...

horas ... tks infonya
http://goo.gl/D4akNs

cara mengobati penyakit sendi mengatakan...

jangan lupa kasih cendolnya yaa hihi
http://goo.gl/uEcWnu

cara mengobati penyakit lupus mengatakan...

semoga makin sukses dan bertambah banyak lagi,pengunjung yang dateng
http://goo.gl/WZFojl

obat alternatif rematik alami mengatakan...

Terima kasih atas informasinya. Mari kita junjung sportifitas.
http://goo.gl/5M7sjz

obat herbal epilepsi anak mengatakan...

Untuk berbagi info mungkin anda bisa datang
http://goo.gl/6aeCV

obat miom tanpa operasi mengatakan...

Penting untuk dipelajari, dan dinanti berita berikutnya, sangat bagus.
http://goo.gl/VLp1Q

obat diabetes kolesterol tinggi mengatakan...

Sukses selalu.. kami menunggu postingan selanjutnya!!
http://goo.gl/mJMzc

obat penurun kolesterol tinggi mengatakan...

Salam kenal dari kami, senang bisa berkunjung kesitus anda
http://goo.gl/WJJsXn

obat herbal radang paru paru mengatakan...

Informasi yang mendidik kami tunggu info yang lebih mendidik lainnya

http://goo.gl/HPg4Xx

obat herbal penyakit kanker serviks mengatakan...

kamsia atas beritnya pak, ditunggu berita membekuk selanjutnya
http://goo.gl/KT0RDT

obat herbal penyakit gastritis mengatakan...

.Incredible quest there. What occurred after? Thanks!

http://goo.gl/tlrX9d

obat luka bakar alternatif mengatakan...

banyak sekali informasi menarik dan bermanfaat didapat disini,, terima kasih :)
http://goo.gl/sqsK1j

obat herbal alternatif herpes mengatakan...

Great site you have here.. It's hard to find high quality writing like yours these days
http://goo.gl/MyoFIf

obat herbal pendarahan lambung alami mengatakan...

Very good information. Lucky me I ran across your blog by accident (stumbleupon).
http://goo.gl/bIIEsW

obat alternatif insomnia alami mengatakan...

Wacana yang menarik, salam kenal dari kami senang bisa mengunjungi situs anda
http://goo.gl/3xNdtg

obat alternatif amandel alami mengatakan...

Cara penyampaian yang mudah dimengerti dan cerdas.
http://goo.gl/epLLrF

obat kista miom tanpa operasi mengatakan...

.Ayo membaca dan terus meningkatkan kualitas diri.
http://goo.gl/2K3pqs

obat untuk radang tenggorokan mengatakan...

web ini Memberikan kontribusi yang besar bagi pencerdasan bangsa.
http://goo.gl/XOVYuX

obat herbal ispa alami mengatakan...

informasi ini cukup mengedukasi kami selaku masnyarakat awam
http://goo.gl/xLdVpO

obat tukak lambung anak mengatakan...

terima baik pasca perubahan dan pilihan yang baik untuk pengunjung situs
http://goo.gl/Dn5egu

obat herbal sgot sgpt tinggi mengatakan...

Keep on writing, great job!
http://goo.gl/Dp0pG5

cara mengobati alzheimer alami mengatakan...

terima baik pasca perubahan dan pilihan yang baik untuk pengunjung situs
http://goo.gl/FSBmev

obat herbal alternatif maag mengatakan...

jangan lupa kasih cendolnya yaa hihi
http://goo.gl/1Db1wK

obat herbal penyakit uci uci mengatakan...

horas ... tks infonya
http://goo.gl/GtnwUF

obat untuk menurunkan kolesterol tinggi mengatakan...

top abiss nih ...
http://goo.gl/1Cexw8

cara mengobati jantung ampuh mengatakan...

template nya simpe tp menarik
http://goo.gl/86EhHv

cara mengatasi penyakit gula mengatakan...

salam sejahtera

http://goo.gl/AV0kz4

obat batuk dan pilek anak mengatakan...

oke lah kalau begitu
http://goo.gl/lLRezx

cara mengobati sinusitis ampuh mengatakan...

terimakasih sudah mau berbagi informasi
http://goo.gl/rSySo9

obat herbal alternatif flu tulang mengatakan...

nice sharenya om
http://goo.gl/oxRoyk

cara mengatasi batuk berdarah alami mengatakan...

terimakasih sudah mau berbagi informasi

http://goo.gl/G0bTOl

cara menurunkan asam urat tinggi mengatakan...

semoga makin sukses saja...

http://goo.gl/A9ekj6

manfaat susu kamibing untuk kesehatan mengatakan...

salam sehat selalu ..

http://goo.gl/lkUnMa

agen susu kambing murah terpercaya mengatakan...

kunjungan pertamax gan ..
http://goo.gl/5n9FSC

susu kambing untuk penyakit mengatakan...

http://goo.gl/gb7ZEK
ikut sundul ah,,,

susu kambing untuk penyakit mengatakan...

http://goo.gl/1Lt5Hy
websitenya inspiratif sekali ..

obat herbal sesak nafas alami mengatakan...

http://goo.gl/exJaHK
semoga makin banyak saja ya pengunjungnya ..

susu kambing obat asam lambung mengatakan...

http://goo.gl/RHZYZj
ditunggu berita selanjutnya ..

susu kambing etawa murah mengatakan...

http://goo.gl/yK7qKo
topik yang sangat luar biasa

pengobatan tumor susu kambing mengatakan...

https://goo.gl/5edaoI

cara mengobati ambeien dengan susu mengatakan...

https://goo.gl/JnyOAQ
artikelnya sangat menarik sekali ..

susu etawa obat vertigo alami mengatakan...

https://goo.gl/d1TQAK
semoga hari ini makin berkah saja ..

susu kambing obat sakit kepala mengatakan...

http://goo.gl/0MmlGw
website nya bagus banget ..

susu etawa obat darah tinggi mengatakan...

http://goo.gl/i0Az9v
tak ada bosannya nih mampir ke web agan ..

susu etawa obat darah rematik mengatakan...

http://goo.gl/iouGj2
super mantap artikelnya ... ditunggu yang lainnya ..

manfaat susu kambing untuk kesehatan mengatakan...

https://agensusukambingetawaprovit09.wordpress.com
kapan-kapan saya mampir lagi ya gan ..

pengobatan jantung dengan susu kambing mengatakan...

http://goo.gl/N1hjLM
ayo bikin artikel yang baru lagi gan biar seru

pengobatan bronchitis dengan susu kambing mengatakan...

http://goo.gl/oKWknI
semoga sehat selalu ..

cara mengobati maag kronis mengatakan...

http://goo.gl/U72pba
salam persahabatan yo ..

cara mengobati sesak nafas mengatakan...

http://goo.gl/HG338R
sip banget infonya ..

Anonim mengatakan...

Streaming film GRATIS subtitle indonesia dengan kualitas Bluray hanya disini saja.

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ^^

Template by:
Free Blog Templates