Sabtu, 12 Mei 2012

Inisiasi Menyusui Dini (IMD)?Apa Itu?


Selamat malam sobat blogger, setelah beberapa minggu mencampakkan blog tercintaku ini kini aku kembali lagi dengan senyum lebar dan semangat yang berkobar - kobar menyapa sobat blogger semuanya. Selamat Malam Sobaaaattt....
Entah ada angin apa, kini ku kembali bersemangat kembali membangun blog pertamaku dan satu - satunya ini. Sudah daripada lama berba-bi-bu-be-bo ria, kita langsung menuju inti pembahasan kita malam ini.

Kapan hari saya sempat membaca sebuah obrolan di akun burung berciau. Jadi ceritanya ada sebuah akun yang sedang nyinggung - nyinggung soal IMD lha tiba - tiba ada mention masuk dari seorang wanita, "IMD itu apa ya?". Wah ternyata tidak semua wanita tahu dan paham mengenai IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Maka dari itu kali ini saya berniat memposting mengenai IMD (Inisiasi Menyusui Dini) agar semua sobat blogger baik itu ibu- ibu, ayah- ayah, calon ibu dan calon ayah tahu apa itu IMD.

IMD (Inisiasi Menyusui Dini) merupakan permulaan dari bayi menyusu pada ibu secara dini. Dimana dalam proses IMD ini bayi mencari sendiri puting susu ibu (tidak disodorkan) segera setelah dilahirkan. Menurut WHO dan Unicef IMD merupakan tindakan penyelamatan kehidupan karena dapat menyelamatkan 22 % dari bayi yang meninggal sebelum usia satu bulan.

Bagaimana tata laksana IMD?
  • Setelah dilahirkan, bayi dikeringkan seperlunya tanpa menghilangkan vermex (kulit putih) gunanya agar bayi tetap merasa nyaman
  • Bayi ditengkurapkan pada dada atau perut ibu biarkan kulit bayi bersentuhan dengan kulit ibu. Pada saat ditengkurapkan biarkan bayi mencari sendiri puting susu ibu
  • Ayah didukung agar membantu ibu mengenali tanda - tanda atau perilaku bayi sebelum menyusu yang berlangsung selama beberapa menit sampai satu jam, antara lain :
    • Fase istirahat dimana bayi diam untuk melakukan penyesuaian dengan lingkungannya
    • Setelah itu bayi akan mengeluarkan suara seperti mau minum, mencium, dan menjilat tangannya
    • Bayi akan mengeluarkan air liur karena menyadari adanya makanan di sekitarnya
    • Bayi bergerak menuju payudara ibu dan menemukan puting ibu
  • Setelah bayi menyusu awal, bayi dipisahkan untuk ditimbang, diukur, dicap, diberi vitamin K kemudian dibedong
Manfaat IMD?
  • Kontak kulit antara ibu dan bayi akan bermanfaat bagi sang bayi ataupun sang ibu. Kulit ibu akan menyesuaikan suhu sang bayi, kehangatan saat menyusu dan  akan menghindari risiko kematian akibat hypotermia  (kedinginan). Bagi ibu, kontak kulit antara dia dan bayinya akan memacu pengeluaran hormon oksitosin yang berfungsi mengeluarkan ASI. Selain itu kontak kulit antara ibu dan bayi akan menimbulkan rasa rileks, tenang, dan bahagia pada ibu serta memperlancar saluran pernafasan bagi bayi.
  • Bayi mendapatkan kolostrum ASI yang keluar pertama berwarna kuning dan kaya akan antibodi
  • Bayi akan memperoleh ASI yang tidak akan mengganggu fungsi pertumbuhan, pencernaan, maupun alergi. 
  • Bayi yang diberikan IMD akan lebih berhasil menyusu ASI eksklusif selama 6 bulan dan mempertahankan menyusu setelah umur 6 bulan
Mungkin sebagian orang merasa bahwa IMD merupakan tindakan yang cukup ruwet dan tidak praktis. Namun bagi saya pribadi ketidak praktisan itu akan dibayar oleh semua maanfaat yang dirasakan oleh sang ibu maupun bayinya. Tidak hanya menyangkut kesehatan, tapi juga menyangkut kedekatan dan ikatan batin yang akan tercipta antara ibu dan sang bayi.
Tidakkah itu merupakan sebuah momen yang paling membahagiakan dalam hidup anda jika anda dan bayi anda berada sedekat itu setelah anda menantikan kelahirannya selama 9 bulan lebih lamanya.

44 comments:

Irham Sya'roni mengatakan...

Wah, dpt ilmu yg sangat berharga nih. makasih banyak mbak riris, kelak bisa aq praktikkan buat anakku yg ke-3, ke-4, dst. Hehe

Bang Dayat mengatakan...

wahhh, bener banget tuh sobat :)

memang paling menyenangkan bagi ibu-ibu saat bersama anaknya :)

Cendekiawan IT mengatakan...

makasih infonya, baru tahu ni istilah beginian,,, ^_^

Asis Sugianto mengatakan...

wah jadi tahu sekrang IMD itu apa sobat, makasih untuk informasinya sobat...

yAhyA mengatakan...

hmm,, emank tuh guru saya dulu bilang gthu juga, klo bisa si anak baru lahir tu langsung dikasih ke ibunya.. karena ada ikatan khusus gthu katanya..

mantabb deh infonya.

diana bochiel mengatakan...

ilmunya bakal dipake nanti mba klo aku udah nikah hehehe....
kunjungan perdana nih :)

NF mengatakan...

nyimak dan mengingat :D terima kasih infonya :)

Rudy Arra mengatakan...

Saya pernah menyimak pembahasan tentang ini, tapi tidak begitu lengkap, hanya sebatas mengetahui tentang bayi yang akan berasa nyaman jika ibunya melakukan hal ini. Tapi disini saya mendapat penjelasan yang lebih rinci. Untuk saya yang masih muda, info ini sangat bermanfaat. Terima kasih :).

cerita anak kost mengatakan...

boleh ga kalau bayinya di wakili ayahnya aja, biar cepet gitu. heheh, ilmu baru nie, ternyata bisa menyelamatkan bayi ya.

Istighfarin.com mengatakan...

wah, bisa nyari sendiri ternyata ya....
Insting mungkin yang menuntunnya

yustha tt mengatakan...

Harapan saya ketika melahirksn nanti bisa melahirkan dgn normal dan memberi IMD utk anak2ku. Amin.

Wury mengatakan...

Infonya penting banget nih, Riz. Tapi aku makainya besok entah kapan kalo aku udah nikah dan dikaruniai seorang anak hehehe...
Tapi yang penting udah dapet info kayak gini lebih dini :)

EYSurbakti mengatakan...

wehehe ..
gue cowok nih Ris ..
yah, ilmunya bermanfaat buat istri gue kelak .. hehehe

RahMa mengatakan...

wah..nice info...

Uzay ^,^ mengatakan...

Masya allah =)

Outbound di Malang mengatakan...

salam super sahabat,
tetap semangat dan sukses selalu ya
ditunggu kunjungan baliknya :)

Muro'i El-Barezy mengatakan...

wah super nih artikelnya, sangat bermanfaat,

tengkyu :}

puramoz mengatakan...

IMD memang sangat bermanfaat untuk bayi yang baru saja lahir sob.,

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Benar sekali; tidak sedikit yang tidak sabar dengan IMD ini; padahal ini penting sekali....

Umbu alid mengatakan...

Blog ini sangat bagus dan memiliki konten yang berkualitas, saya undang pemilik blog untuk datang di blog saya http://akawan92.blogspot.com
untuk silaturahmi dan kalau mau kita tukaran link.
Kalau berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar agar saya bisa berkunjung lagi di sini.
Ok see you prend,
Thank’s

Outbound di Malang mengatakan...

salam gan ...
menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
di tunggu kunjungan balik.nya gan !

Uzay ^,^ mengatakan...

Salam hangat =)

obat tradisional ambeien mengatakan...

artikel yang sangat berbobot nih,,, signifikan dan sangat konkrit,,,, salam kenal aja dan semoga artikelnya bermanfaat,,,

obat tradisional penyakit selulit mengatakan...

Artikel yang sangat baguss, berbobot dan signifikan nih,,, salam kenal aja, semoga artikelnya bermanfaat,,,aminnn,,,

outbound di malang mengatakan...

Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

Uswah mengatakan...

kasih sayang ibu dapat dirasakan ketika sedang menyusui anaknya :D

Dani Setiadi mengatakan...

nice

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

saya akan bawa untuk jadi catatan dikemudian hari.. :)

Darmawan Saputra mengatakan...

wah .. keren abis artikelnya sangat bermanfaat sekali.. :)


#Semoga sehat selalu :D

dian novita mengatakan...

bakal diterapin ntar pas udah punya anak.. hhii
nice info :)

Darmawan Saputra mengatakan...

Terima kasih atas artikelnya.
o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.



#Semoga sehat selalu :D

wardy mengatakan...

kunjungan di siang hari sahabat sekalian tukar link link sahabat sudah saya pasang silahkan di cek langsung [wardimansyah30.blogspot.com]

adeuny mengatakan...

ak besok klo punya anak... aku kasih asi juga yah :)

Mahabbah mengatakan...

IMD (Inisiasi Menyusui Dini) adalah pengalaman yang sungguh luar biasa; sangat rugi seorang ibu tidak melakukannya....

Isnan Nugrah Lastiko mengatakan...

bermanfaat untuk masa depan

happy blogwalking yoo

Andi Maulana mengatakan...

Info yg penting nih, saya jg baru tahu klo ada yg namanya IMD, kebetulan istri lg hamil anak ke-2,bisa dipraktekan nanti :-)

Pengobatan Kanker Hati mengatakan...

Wah sebagai calon ibu, aku harus bener bener memahami ini nih..
thanks yah gan..

Obat Alami Kanker Darah mengatakan...

Wahh.. makasih yah atas informasinya, ane jadi tau nih sekarang tentang istilah IMD..

Obat Herbal Gagal Ginjal mengatakan...

Makasih yah gan untuk artikelnya
_ oiya saya akan berterima kasih bila agan mempersilakan saya untuk terus berkunjung ke blog ini walaupun dengan status saya yang sbagai spammers.
sebelumnya kami mhon maaf ya.

Obat Herbal Untuk Jantung Bocor mengatakan...

kebanyakan gan karna kesibukan si ibu tugas tersebut sering di berikan begiu saja pada baby sister . .

ace maxs mengatakan...

ohh jadi begitu to, dapet ilmu baru nih dimari.. Makahasih banyak gan infonya,,

obat penurun gula darah mengatakan...

ilmu baru buat nanti udah nikah nih, mantep bener makasih banyak infonya..

Obat herbal kanker darah mengatakan...

asi penting buat perkembangan anak ya

Klinik Hipnoterapi Surabaya` mengatakan...

hmm ok, jadi lebih tau definisi IMD itu apa

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ^^

Template by:
Free Blog Templates